Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Masyarakat Di SDIT Miftahul Diniyah

  • Syifa Nabilla Andiani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Kosim Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kasja Eki Waluyo Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Kajian ini membahas tentang peran pendidikan dalam pengembangan masyarakat di SDIT Miftahul Diniyah. Pendidikan merupakan pengukur suatu kesuksesan dalam kehidupan manusia terutama sebagai pilar pokok kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang bersangkutan juga dengan perilaku yang baik dan mulia. Lembaga pendidikan yang diberikan kebebasan untuk mengelola pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di sekitarnya dan melibatkan partisipasi masyarakat dalam menjalankan proses pendidikannya. Sebagai salah satu tempat untuk mengembangkan bakat dan minat masyarakat, lembaga pendidikan harus bisa mengajak dan memberikan motivasi pendidikan kepada masyarakat. Lembaga pendidikan perlu melakukan sebuah perubahan yang dapat menumbuhkan sikap kopetitif dalam setiap proses pembelajaran, serta memberikan pengaruh terhadap keberlangsungan lembaga pendidikan itu sendiri. Adapun faktor yang diteliti dalam jurnal ini adalah peran pendidikan dalam pengembangan masyarakat di SDIT Miftahul Diniyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, dan studi kepustakaan, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan/atau mengeksplorasi beberapa jurnal, buku, artikel serta sumber data atau informasi lainnya yang dianggap relewan dengan kajian. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Hubungan sekolah dengan masyarakat, 2) Sekolah dan Masyarakat, 3) Masyarakat tanpa sekolah, 4) Pengembangan masyarakat di SDIT Miftahul Diniyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangan minat masyarakat dalam pendidikan sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang berpengetahuan.

 

References

Damsar. (2011) Pengantar sosiologi Pendidikan. Kencana: Jakarta.

Hamdi, S. (2016). Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Diri Terhadap Tantangan Era Globalisasi. Journal Ilmiah Prodi Manajemen: Universitas Pamulang. Vol. 3. No. 2 April 2016.

Kamil, Mustofa. (2011) . Pendidikan Non Formal. Bandung: Alfabeta

Khairiah, K. Kesempatan Mendapatkan Pendidikan Dalam Kajian Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Keluarga. (2018). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khairiah, K. S. (2020). Peran manajemen pendidikan dalam masyarakat multikultural. Nuansa, XIII(1)

Modul Pengembangan Masyarakat: (2012). Kementerian Sosial RI Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional. Sumatera: Tahun 2012.

Neolaka, A., & Amialia, G.A.N. (2015). Landasan Pendidikan Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.

Noor. (2019). Peranan dan Fungsi Pendidikan. ( Artikel Online: https://kalsel.kemenag.go.id/opini/663/Peranan-dan-Fungsi-Pendidikan-Bagi-Manusia)

Nugraha, Andi. (2019). Pengembangan Masyarakat Pembangunan Melalui Pendampingan Sosial dalam Konsep Pemberdayaan dibidang Ekonomi. Jurnal Ekonomi Modern. 5.2.119.

Nurhasanah. (2017). Hubungan Peran Masyarakat Terhadap Sekolah. Jurnal Manajemen Masyarakat. 1.1.62: 64.

Rusmaini. (2014). Ilmu Pendidikan. Palembang: Grafindo Telindo Press.

Salsabila, R. A., Peran Pendidikan Terhadap Masyarakat di Indonesia, Jurnal FE: Universitas Negeri Jakarta.

Sundari. S. (2016). Hubungan Sekolah dengan Masyarakat Terhadap Peningkatan Perilaku Peserta Didik. 156 – 166.

Sunda, A. (2017). Manajemen Pendidikan: Peran Pendidikan dalam Menanamkan Budaya Inovatif dan Kompetitif. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sholichah, Aas Siti. (2013). Teori Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam 18.1.4.

Sukardjo, M., & Komarudin, U. (2009). Landasan Pendidikan. Rajawali Pers: Jakarta.

Yahya, H. (2014). Peranan Pendidikan Dalam Perubahan Masyarakat. Jurnal Lentera: Vol. 16, No. 1 Tahun 2014.

Zaitun. (2016). Sosiologi Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.

Published
2022-09-05
How to Cite
Andiani, S., Kosim, A., & Waluyo, K. (2022). Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Masyarakat Di SDIT Miftahul Diniyah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), 405-415. https://doi.org/10.5281/zenodo.7049738