Analisis Penentuan Konstruksi Tiang Berdasarkan Sudut Antartiang Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) Terhadap Karakteristik Penghantar Listrik Pada Penyulang Lambangsari Menggunakan ArcGIS

  • Dadan Darmawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dian Budhi Santoso
Keywords: Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), Survey and Mapping, Angle between poles

Abstract

Saluran Udara Koneksi Menengah (SUTM) adalah konstruksi termurah untuk pendistribusian tenaga listrik pada daya yang sama. Komponen utama dalam konstruksi saluran distribusi tenaga listrik adalah konduktor, isolator, peralatan penghubung, dan tiang. Pada penyulang Lambangsari terdapat 109 tiang, dengan 101 tiang sesuai standar dan 8 tiang tidak sesuai standar berdasarkan sudut antartiang. Masih terdapat beberapa tiang pada jalur distribusi tenaga listrik yang sudah terpasang namun tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN), terutama pada kesesuaian konstruksi tiang dengan sudut antartiang yang digunakan. Akibat yang dapat terjadi jika tekukan penghantar terlalu kecil sudutnya (semakin tajam sudutnya) dapat mengakibatkan kerusakan fisik jangka panjang pada penghantar dan tiang, kenaikan suhu pada penghantar, perubahan nilai arus, dan rugi-rugi daya yang dihasilkan. Perancangan jalur distribusi tenaga listrik perlu dilakukan dengan hati-hati. Terutama dengan memperhatikan kondisi geografis wilayah, sudut pada jalur distribusi listrik antartiang, jenis tiang, konstruksi tiang, dan masih banyak lagi.

References

PT. PLN (PERSERO). (2010). BUKU 5: STANDAR KONSTRUKSI JARINGAN TEGANGAN MENENGAH TENAGA LISTRIK. Jakarta Selatan: PT. PLN (PERSERO).

YASNIVAZLI, I. (2018). ANALISIS TEMPERATURE KABEL TERHADAP TEKUKAN DAN BESAR ARUS YANG MENGALIR. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).

Emidiana, E., & Widodo, M. (2018). Karakteristik Kabel yang di Tekuk Saat di Aliri Arus. Jurnal Ampere, 3(1), 155-162.

Agus, A., & Ridwan, M. (2019). Pemetaan Objek Wisata Alam Kabupaten Kepulauan Selayar Berbasis Sistem Informasi Geografis Arcgis 10.5. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 1(1), 45-50.

Tafa, I. A. (2018). Analisis Tingkat Akurasi Global Positioning System Smartphone Dalam Menentukan Titik Lokasi Pada Google Map. Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, 1(1).

quadraninovasi.id. PROFIL PERUSAHAAN. Diakses pada 13 Juli 2022, dari https://quadraninovasi.id/

bentangalam-hutantropis.fkt.ugm.ac.id. (2016, 10 Oktober). Arc Gis. Diakses pada 15 Juli 2022, dari https://bentangalam-hutantropis.fkt.ugm.ac.id/2016/10/10/arc-gis/

Gabriella, C. S. (2020). Penginputan Data Menggunakan Ms. Excel Dan Mengatasi Troubleshoot Pada Bidang Metrologi. (Laporan Kerja Praktik, INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM PURWOKERTO)

Materi Dasar AutoCAD 2007. Universitas Negeri Yogyakarta.

PT. PLN (Persero). (2010). BUKU 1: Kriteria Desain Enjiniring Konstruksi Jaringan Distribusi Tenaga Listrik. Jakarta Selatan: PT. PLN (Persero).

Jurnal, R. T. (2017). Studi Pemisahan Beban Penyulang Baru SKTM GIS Pantai Indah Kapuk. Energi & Kelistrikan, 9(1), 16-25.

Published
2022-11-15
How to Cite
Darmawan, D., & Santoso, D. (2022). Analisis Penentuan Konstruksi Tiang Berdasarkan Sudut Antartiang Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) Terhadap Karakteristik Penghantar Listrik Pada Penyulang Lambangsari Menggunakan ArcGIS. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 65-76. https://doi.org/10.5281/zenodo.7322884