Analisis Framing Model Zongdang Pan dan Gerald M.Kosicki Terhadap Pemberitaan Gempa Bumi Cianjur Pada Media Kompas.com dan Antaranews.com

  • Irda Sopiyani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hendra Setiawan Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Media massa merupakan sebuah sarana untuk menyampaikan informasi atau pesan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Adanya perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, mampu membuat pemberitaan lebih cepat didapat oleh masyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana media kompas.com dan media antaranews.com menyusun berita dengan berdasarkan pada Fakta mengenai gempa di Cianjur, Jawa barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan model analisisZhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kompas.com dan Anataranews.com dengan topik pemberitaan yang sama mengenai gempa cianjur. Penulis menemukan bahwa kedua media tersebut memiliki persamaan dan juga perbedaan dalam pembingkaian berita. Pada struktur sintaksis media Kompas.com dan Antaranews.com sama-sama menggunakan piramida terbalik dalam penyusunan berita. Pada struktur skrip kedua media tersebut pula sama-sama memiliki kriteria dalam penyajian berita dengan unsur 5W+1H. Pada struktur tematik penulis pada media Kompas.com lebih banyak menggunakan preposisi sedangkan pada media Anataranews.com tidak banyak menggunakan preposisi. Terakhir pada struktur retoris penulis pada media Kompas.com dan Anataranews.com sama-sama menggunakan kata atau kalimat yang mudah diterima atau dipahami oleh pembaca.


Kata Kunci: Analisis Framing, Media Online, Kompas.com, Antaranews.com.

References

Cabucci, M.O., & Maulina, P. (2021). Aalisis Framing Pemberitaan Kebakaran

Cianjur, Kontributor dan Firman Taufiqurrahman. (2022). Hari Ini 14 Kali Gempa

Mahrofi, zubi. (2022). BMKG: Aktivitas gempa susulan Cianjur terus alami

penurunan. Antaranews.com: Jakarta.

Rismawati, R. (2021). Jurnalisme Bencana dalam Pemberitaan Gempa Lombok 2018 pada

Sindonews.com (Analisis Framing Model W.A Gamson dan A. Modigliani). Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar.

Sugiyono, P.D. (2015). Metode penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantiatif,

kualitatif,dan R&D) (2015 Ed). Penerbit Alpabeta:Bandung.

Wahid, Umaimah, Nexen Alekandre Pinontoan. 2020. Analisis Framing

________.https://www.antaranews.com/berita/3275093/bmkg-aktivitas-gempa-susulan-cianjur-terus-alami-penurunan (diakses, 29 november 2022).

________.Pemberitaan Banjir Jakarta Januari 2020 di Harian Kompas.com dan Jawapos.com. Jurnal komunikasi dan Teknologi informasi: Vol 12, No 1.

_______. Hutan dan Lahan Pt. Argo Sinergi Nusantara pada Media Online Lokal dan Nusantara. Jurnal komunikasi dan Kajian media 5(2), 205-216.

_______.Susulan di Cianjur, BMKG: Tak Dirasakan, Peluruhan Energinya Cukup Signifikan. Kompas.com : Bandung. https://amp.kompas.com/bandung/read/2022/11/29/212733578/hari-ini-14-kali-gempa-susulan-di-cianjur-bmkg-tak-dirasakan-peluruhan (diakses, 29 november 2022).

Published
2023-04-10
How to Cite
Sopiyani, I., & Setiawan, H. (2023). Analisis Framing Model Zongdang Pan dan Gerald M.Kosicki Terhadap Pemberitaan Gempa Bumi Cianjur Pada Media Kompas.com dan Antaranews.com. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 228-235. https://doi.org/10.5281/zenodo.7812536

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>