SISTEM MONITORING PERKEMBANGAN AIR BERSIH DAN POLUSI UDARA BERBASIS WEBSITE DI WILAYAH JAKARTA (PURE-IN)

  • Naufal Arie Wahyu Priadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ulinnuha Latifa Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Bencana Alam, Kekeringan, Air Bersih, Polusi, Website

Abstrak

Bencana alam adalah bencana yang disebabkan oleh peristiwa atau aktivitas alam atau bumi, seperti gempa bumi, tsunami, gunung Meletus, banjir, dan tidak menutup kemungkinan kekeringan termasuk ke dalam bencana alam. Kekeringan merupakan situasi dimana hubungan antara ketersediaan air dengan kebutuhan, seperti kebutuhan hidup, pertanian, kegiatan ekonomi, dan lingkungan tidak selaras. Salah satu penyebabnya adalah perubahan iklim akibat pemanasan global. Dampak yang diberikan pun cukup beragam, seperti kekurangan air bersih dan polusi udara. Pure-In sebuah website monitoring polusi udara dan perkembangan air bersih bagi wilayah DKI Jakarta diharapkan dapat menjadi pencegahan pertama bagi masyarakat sebagai persiapan menghadapi bencana kekeringan. Pure-In memiliki berbagai fitur, seperti monitoring polusi udara, mapping air bersih di Jakarta, donasi, dan artikel. Hasil yang ditampilkan pun cukup memberkan informasi bagi masyarakat awam, dapat memberikan bagaimana kondisi udara atau polusi udara di Jakarta dengan menggunakan parameter, seperti NO2, PM10, dan CO, dan juga memberikan tampilan yang cukup menjelaskan bagaimana kondisi udara di Jakarta. Fitur-fitur seperti mapping kota Jakarta pun berjalan cukup baik dapat memberikan lokasi yang memiliki air bersih. Fitur donasi yang disematkan juga cukup berbeda, menggunakan API Saweria, dan fitur artikel sebagai bahan bacaan bagi masyarakat tentang bencana kekeringan dan bagaimana mempersiapkannya

Referensi

Adi, T. N. (2015). GENERATOR KODE UNIT TESTING UNTUK JAVASCRIPT BERBASIS FRAMEWORK QUNIT. Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri, II(3), 80-88.

Fadli, A., Rahmatulloh, A., Atmaja, G., Wijaya, H., Indriawan, Ahussalim, I., . . . Samsoni. (2022). Pengenalan Dasar Pembuatan Website HTML dengan Software Visual Studio Code. Jurnal Pengabdian Masyarakat, I(11), 1325-1331.

H, S., & J, P. (2019). INTERACTION DESIGN. New York: Wiley.

Hartawan, M. S. (2022). PENERAPAN USER CENTERED DESIGN (UCD) PADA WIREFRAME DESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI SINOPSIS FILM. Jurnal Elektro dan Informatika Swadharma, II(01), 43-47.

Jakarta Alami Krisis Air Bersih. (t.thn.). (Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral) Dipetik 12 25, 2022, dari https://www.esdm.go.id/id/berita-unit/badan-geologi/badan-geologi-jakarta-alami-krisis-air-bersih-

Mariko, S. (2019). APLIKASI WEBSITE BERBASIS HTML DAN JAVASCRIPT UNTUK MENYELESAIKAN FUNGSI INTEGRAL PADA MATA KULIAH KALKULUS. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, VI(1), 80-91.

Nasution, F. P., Batubara, R. O., & Maulana, M. I. (2022). Dasar Pengenalan HTML pada Desain Web. PUBLIDIMAS, II(1), 86-91.

Salim, A., & Amrie, R. Y. (2021). PERANCANGAN FRONTEND APLIKASI PEMANDU PARIWISATA MENGGUNAKAN FRAMEWORK REACT.JS DI PROVINSI JAWA BARAT. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, VIII(1), 132-145.

Wulandari, F. (2019). Analisis Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Kekeringan Melalui Media Booklet. Jurnal Ilmu Pendidikan, XV(01), 65-74.

Diterbitkan
2023-07-25