TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN : IMPLEMENTASI PELAYANAN SAYANG WARGA DI KELURAHAN GUNUNG ANYAR

  • Siti Chanifah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Katerina Bataha Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Keywords: implementasi, administrasi kependudukan, pelayanan sayang warga, tertib administrasi kependudukan

Abstract

Pemerintah Kota Surabaya menghadirkan kebijakan pelayanan Sayang Warga, yang memiliki fungsi memberikan kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada warga. Pelayanan tersebut tidak mengharuskan warga datang ke kantor kelurahan atau bahkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, melainkan warga dapat langsung datang ke balai RW. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi pelayanan Sayang Warga di Kelurahan Gunung Anyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan Teori Edward III yang berfokus pada empat indikator yakni (1) komunikasi, (2) sumber daya, (3) disposisi, dan (4) struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terimplementasinya Pelayanan Sayang Warga di Kelurahan Gunung Anyar yang dapat diuraikan sebegai beriut : (1) Komunikasi yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya serta Lurah dan masyarakat sudah dilakukan dengan baik (2) Sumber daya di Kelurahan Gunung Anyar dalam mengimplementasikan pelayanan Sayang Warga sudah dilakukan dengan baik, namun masih terdapat beberapa sumberdaya yang belum optimal. (3) Sikap dan komitmen pimpinan dan pelaksana kebijakan di Kelurahan Gunung Anyar sudah dilakukan dengan baik, namun para pelaksana kebijakan di level bawah belum melaksanakannya dengan optimal (4) Penerapan SOP dalam mengimplementasikan pelayanan sayang warga sudah dilakukan dengan baik, meskipun belum berjalan optimal.

References

Abdoellah, A. Y., & Rusfiana, Y. (2016). Teori & Analisis Kebijakan Publik.

Azman. (2021). Inilah Beberapa Cara Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/baturaja/id/data-publikasi/artikel/2925-inilah-beberapa-cara-peningkatan-kualitas-pelayanan-publik.html. Diakses pada tanggal 21 Juni 2023.

Ernawati, D. (2001). PROFESIONALISME APARATUR DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN SARIO 1 Oleh : Ernawati Darwin 2 ABSTRAK. Neliti, 1–10.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.Kompas.com. (2022).

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/02/063233978/camat-dan-lurah-surabaya-buka-layanan-sayang-warga-di-balai-rw-ini. Diakses pada tanggal 15 Juni 2023.

Maulana, O. :, Hasyim, H., Purnamasari, H., Priyanti, E., & Karawang, U. S. (2021). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Kantor Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 8(2), 365–370. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/5602

Nurdin, E. S. (2013). Teori-Teori Analisis Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: CV. Maulana Medika Grafika.

Ombudsman. (2023). Pelayanan Publik Kita Masih Buruk. https://ombudsman.go.id/artikel/r/pwkinternal--pelayanan-publik-kita-masih-buruk. Diakses pada tanggal 21 Juni 2023.

Suryana, O. (2018). Analisis Survei Kepuasan Masyarakat pada Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Batam. Jurnal Transformasi Administrasi, 09(01), 56–70.

Published
2023-09-09
How to Cite
Chanifah, S., & Bataha, K. (2023). TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN : IMPLEMENTASI PELAYANAN SAYANG WARGA DI KELURAHAN GUNUNG ANYAR. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 731-739. https://doi.org/10.5281/zenodo.8329956

Most read articles by the same author(s)