“Implementasi Serta Analisis Melalui Pendekatan Kualitatif dan Studi Literatur: Penilaian Pelayanan Prima Dalam Kinerja Perusahaan Bidang Konstruksi PT. Jatim Prasarana Utama”

  • Audry Valencia Jeta Zafira Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Bagus Nuari Harmawan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: pelayanan prima, usaha, service exellence

Abstract

Pelayanan prima adalah tindakan atau usaha suatu bisnis atau organisasi tertentu untuk memberikan pelayanan yang maksimal agar pelanggan atau masyarakat puas dengan pelayanan yang diberikan. Pelayanan yang baik diartikan sebagai pelayanan yang baik. Jenis layanan yang bagus bervariasi berdasarkan sektor. Ketika sebuah perusahaan atau institusi berurusan dengan manufaktur, keunggulan layanan hadir dalam bentuk layanan pelanggan dan penyediaan produk berkualitas tinggi, dan dalam hal layanan bisnis, prioritas diberikan dalam bentuk kepuasan pelanggan yang maksimal. Memberikan pelayanan yang terbaik memang tidak mudah, apalagi dalam masyarakat yang majemuk saat ini. Namun, bisnis atau organisasi dapat memberikan pelayanan prima jika mereka mengetahui konsep dan tahu apa yang harus dilakukan. Menurut Semil dalam (Zulkarnain Wildan dan Sumarsono, 2018), kata excellent service dalam bahasa Inggris sehari-hari bukanlah premium service, melainkan good service (pelayanan tinggi, sangat baik) atau excellent service (pelayanan prima, kualitas pelayanan sangat baik). ). Menurut (Firmansyah, 2016), pelayanan yang baik berarti memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan pelanggan atau masyarakat atau pemangku kepentingan lainnya. Usaha untuk memuaskan suatu kebutuhan atau permintaan yaitu Kunci pelayanan yang baik adalah kepentingan perusahaan (berorientasi laba) pada pelanggan produk atau pengguna jasanya. Dan bagi organisasi nirlaba seperti instansi pemerintah, service excellence merupakan hubungan pelayanan yang benar-benar melihat dan bertindak untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat luas.

References

PT. PP (PERSERO). 2003. Buku Referensi Untuk Kontraktor - Bangunan

Gedung dan Sipil. Gramedia. Jakarta.

Sumarningsih. T. 2014. Pengaruh Kerja Lembur pada Produktivitas Tenaga

Kerja Konstruksi. Jurnal MKTS. Vol 20 Nomor 1: 63-69. Yogyakarta.

Frederika, A. 2010. Analisis Percepatan Pelaksanaan dengan Menambah

Jam Kerja Optimum pada Proyek Konstruksi. Jurnal, Fakultas Teknik Universitas Udayana. Denpasar.

Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Nomor Kep.102/MEN/VI/2004. Waktu Kerja Lembur Dan Upah Kerja Lembur.

Published
2023-10-03
How to Cite
Zafira, A. V., & Harmawan, B. (2023). “Implementasi Serta Analisis Melalui Pendekatan Kualitatif dan Studi Literatur: Penilaian Pelayanan Prima Dalam Kinerja Perusahaan Bidang Konstruksi PT. Jatim Prasarana Utama”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 95-100. https://doi.org/10.5281/zenodo.8401206