INTERAKSI SOSIAL ANAK DALAM PERMAINAN GAME ONLINE MOBILE LEGEND
Abstract
Game online merupakan salah satu bentuk kemajuan dalam perkembangan teknologi. Hanya saja dalam perkembangannya bermain game online menimbulkan berbagai dampak interaksi sosial pada anak sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak aktivitas mobile game online terhadap interaksi sosial anak mendorong peneliti untuk menganalisis permasalahan tersebut. Anak usia sekolah dasar di Desa Gondoharum menjadi subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data menipu, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman masa lalu anak, hobi, tren, pertemanan, dan hiburan menjadi faktor utama yang mendorong anak bermain game online Mobile Legend. Selain itu dampak dari kegiatan game online dapat membantu anak dalam bersosialisasi dengan baik, anak dapat bekerjasama atau bersimpati dengan temannya, sehubungan dengan itu dampak dari kegiatan game online juga dapat menyebabkan anak menjadi ketagihan, sehingga anak menjadi memberontak karena sering melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. mengabaikan orang lain. Salah satu cara agar anak dapat berinteraksi dengan baik adalah dengan membiasakan anak mengurangi penggunaan gadget atau game online. Sebisa mungkin orang tua sering mengajak anak berkomunikasi atau berinteraksi.
References
Amran, A., Marheni, E., Sin, T. H., & Yenes, R. (2020). Kecanduan Game Online Mobile Legends dan Emosi Siswa SMAN3 Batusangkar. Jurnal Patriot, 2(4). https://doi.org/10.24036/patriot.v2i4.733.
Amburika, Bania dkk. 2016. Teknik Vector Space Model (VSM) Dalam Penentuan Penanganan Dampak Game Online Pada Anak. Jurnal Jurusan Informatika, Fakultas MIPA, Universitas Jendral Achmad Yani. Arif Rohman. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta:LaksBang Mediatama.
Bahrul Ulum, “Game ‘Mobile Legends Bang Bang’ di Kalangan Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dalam Tinjauan ‘One Dimensional Man’ Herbert Marcuse” (Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2018), 40.
Ismi, N., & Akmal, A. (2020). Dampak Game Online terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.304.
Kurnada, N., & Iskandar, R. (2021). Analisis Tingkat Kecanduan Bermain Game Online
terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1738.
Mulyani, Putri., Purbasari, Imaniar., Santoso. PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SOSIAL ANAK: STUDI KASUS DI DESA SITIREJO KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI. PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR VOLUME 11 NOMOR 3 JUNI 2022 ISSN : 2303-1514 | E-ISSN : 2598-5949
Paremeswara, M. C., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Game Online terhadap Perkembangan Emosi dan Sosial Anak Sekolah Dasar. Pendidikan Tambusai, 5(1), 1473–1481. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1122/1004.
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310
Rahmi, N., Syahril, & Adlin. (2020). Game Online dan Produktivitas pada Remaja Desa Gunong Kleng Kecamatan Meureubo Main Article Content. Jurnal Sosial Dan Teknologi (SOSTECH), 1(10). https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i10.213.
Ulya, Latifatul., Sucipto., Fathurohman, Irfai. Analisis Kecanduan Game Online Terhadap Kepribadian Sosial Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA.