Manajemen Humas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karawang Dalam Peningkatan Mutu Pondok Pesanteren

  • Sulaim Ahmad Sajuli Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Acep Nurlaeli Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Kosim Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Manajemn Humas, peningkatan mutu pondok pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Manajemen Humas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karawang dalam meningkatkan mutu Pondok Pesantren. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk memahami secara mendalam tentang kondisi, kendala, dan upaya yang dilakukan oleh humas. Hasil temuan menunjukkan bahwa optimalisasi pengelolaan media informasi dan pengembangan informasi melalui media online menjadi langkah penting dalam peningkatan mutu pondok pesantren. Humas perlu membangun hubungan yang baik dengan media massa, memanfaatkan teknologi dan platform digital,serta mengikuti perkembangan terkini dalam industri media dan komunikasi. Komunikasi terbatas, terbatasnya sumber daya, dan kurangnya pemahaman masyarakat teridentifikasi sebagai kendala dalam upaya peningkatan mutu pondok pesantren. Untuk mengatasi kendala tersebut, humas perlu melakukan komunikasi yang efektif, melakukan branding dan promosi yang baik, serta menjalin kerjasama dengan media. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan manajemen humas dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan pesantren.

References

Abd. Halim Soebadar. (2013 hal 37). Modernisasi Pesantren: Studi Transformasi Kepemimpinan Kiai dan Sistem Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: LKS.

Anadang. (2014 hal 21). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Konsep Strategi, dan Inovasi Menuju Sekolah Efektif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media .

Andang. (2015 hal 24). Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah .

Anggoro, L. M. (2001 hal 1). Teori dan Profesi Kehumasan serta Aplikasinya di Indonesia . Jakarta : Bumi Aksara .

Anggraeni, R. &. (2018). Physicochemical characteristics and sensorial properties of dry noodle supplemented with unripe banana flour. Food Research, 2, 270-278.

Azhari. (2014 Vol. 2, No 1). Eksistensi Sistem Pesantren Salafi dalam menghadapi Era Modern. Islamic Studies Journal, 55.

Badrun. (2016 hal 21). Implementasi Prinsip-prinsip Manajemen Mutu Pada MI Al- WAsliyah Cipaat Bongas Indramayu Tahun 2015-2016. Jepara : Tesis Magister UNISNU .

Cangara, H. A. (1996 hal17). Prinsip-prinsip hubungan masyarakat. Surabaya: Usaha nasional .

Choirunnisa, C. (2016 hal 171). Manajemen Pendidikan Dalam Multi Perspektif. Jakarta : Rajawali Pers.

Deddy Mulyana. (2008 hal 4). Komunikasi Efektif : Suatu Pendekatan Lintas Budaya. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Published
2023-12-28
How to Cite
Sajuli, S., Nurlaeli, A., & Kosim, A. (2023). Manajemen Humas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karawang Dalam Peningkatan Mutu Pondok Pesanteren. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(24), 753-758. https://doi.org/10.5281/zenodo.10437820