Pengaruh Padepokan Ciliwung Condet Terhadap Kehidupan dan Kesejahteraan Masyarakat Setempat

  • Gagih Pradini Universitas Nasional
  • Putri Priscilla Utama Universitas Nasional
  • Anisa Putri Kusumaningrum Universitas Nasional
  • Putri Aulia Ardani Universitas Nasional
  • Sarojini Imran Universitas Pancasila

Abstract

Ekowisata merupakan salah satu bagian dari sektor pariwisata yang berinteraksi dengan berbagai aspek seperti masyarakat lokal, sosial budaya, hingga alam. Hal ini menimbulkan berbagai pengaruh dalam berbagai bidang terhadap kehidupan sekitarnya. Sepeti kawasan Condet yang memiliki salah satu wisata yang berbasis alam dan seni budaya, yaitu Padepokan Ciliwung Condet (PCC) yang bergerak di bidang alam, seni budaya, dan pendidikan. Maka, penelitian ini akan menganalisis pengaruh Padepokan Ciliwung Condet terhadap kehidupan dan kesejahteraan masyarakat setempat. Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh dari Padepokan Ciliwung Condet terhadap berbagai aspek, yaitu; (1) lingkungan, (2) perkembangan seni dan budaya, (3) ekonomi, dan (4) sosial. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh-pengaruh yang hadir atas berdirinya Padepokan Ciliwung Condet ini terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat setempat.

References

Aryunda, H. (2011). Dampak ekonomi pengembangan kawasan ekowisata Kepulauan Seribu. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 22(1), 1-16. Depok: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

John W. Creswell. (1998). Qualitative Inquiry And Research Design: Choosing Among Five Traditions. London: SAGE Publications

Kristi Poerwandari, E.. (2007). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia. Depok: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Padepokan Ciliwung Condet. https://padepokanciliwungcondet.org/edukasi/.

Pynanjung, P. A. (2018). Dampak pengembangan ekowisata terhadap kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bengkayang: Studi kasus kawasan ekowisata Riam Pangar. Jurnal Nasional Pariwisata, 10(1), 22-38.

Waja, A. G., Un, P., & Kaho, N. P. L. B. R. (2019). Pengaruh Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat terhadap Perubahan Kondisi Ekologi, Sosial Budaya dan Ekonomi di Desa Wisata Waturaka, Daerah Penyangga Taman Nasional Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jurnal Wana Lestari, 1(1), 1-9.

Wulandari, A. R., Ihsannudin, I., & Hayati, M. (2022). Pengaruh Ekowisata Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat Lokal Pantai Taman Kili Kili Kabupaten Trenggalek. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 23(1), 1-15.

Published
2024-02-09
How to Cite
Pradini, G., Utama, P., Kusumaningrum, A., Ardani, P., & Imran, S. (2024). Pengaruh Padepokan Ciliwung Condet Terhadap Kehidupan dan Kesejahteraan Masyarakat Setempat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(6), 161-168. https://doi.org/10.5281/zenodo.10637992

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>