The Influence Of Circuit Training On The Accuracy Of Shooting Of MA Nihayatul Amal Rawamerta's Excracuricular Football Students

  • M Iqballudin Universitas singaperbangsa karawang
  • Dhika Bayu Mahardhika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Salam Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Soccer, Circuit Training, Shooting Accuracy.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah latihan sirkuit berpengaruh terhadap akurasi menembak siswa ekstrakurikuler sepak bola Ma Nihayatul Amal Rawamerta. MA Nihayatul Amal Rawamerta menggunakan total sampling populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 18 siswa ekstrakurikuler sepak bola MA Nihaytul Amal Rawamerta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen keterampilan menembak yang digunakan untuk mengukur keterampilan menembak siswa ekstrakurikuler sepak bola di MA Nihayatul Amal Rawamerta. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Paired sample T-test yang merupakan tes parametrik yang dapat digunakan pada dua data berpasangan. . Tujuan dari tes ini adalah untuk melihat apakah ada perbedaan rata-rata antara dua sampel berpasangan atau terkait. Karena dipasangkan, data dari kedua sampel tersebut harus memiliki jumlah yang sama atau berasal dari sumber yang sama. Analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi data adalah 0,000 <0,005. Dapat disimpulkan bahwa pada uji paired sample test Paired Sample T Test mengalami perubahan yang signifikan dan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel awal dan akhir. Maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh latihan keliling terhadap akurasi menembak siswa ekstrakurikuler sepak bola MA Nihayatul Amal Rawamerta.

References

Abdoellah. 1981. Olahraga Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pt Sastra Hudaya

Engkos Kosasih. 1985. Olahraga Teknik Dan Program Perlakuan. Jakarta: Akademika Presindo.

Irianto, S. (2011). Standardisasi Kecakapan Bermain Sepakbola Untuk Siswa Sekolah Sepakbola (Ssb) Ku 14-15 Tahun Se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Olahraga Prestasi, 7(7), 44–50.

Istofian, R. S., & Amiq, F. (2016). Metode Drill Untuk Meningkatkan Teknik Menendang Bola (Shooting) Dalam Permainan Sepakbola Usia 13-14 Tahun. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 1(1), 1–9. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jko/Article/Download/912/537

Prabowo, G. (2018). Pengaruh Model Latihan Sirkuit Terhadap Peningkatan Biomotor Atlet Pencak Silat Usia 12-15 Tahun (Studi Eksperimen Di Perguruan Perisai Diri Kabupaten Bantul). Pend. Kepelatihan Olahraga, 7(1).

Sucipto, D. (N.D.). Sucipto Dkk. (2000). Sepak Bola. Jakarta: Depdikbud: Dirjendikti. In Dedikbud (Ed.), Sepak Bola. Dirjendikti.

Sugiyono. (2007). Penentuan Teknik Dan Metode Pengambilan Sampel. Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 7(1), 1–33.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,Dan R&D. Alvabeta, Cv.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Peneltian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D) (Ke-21). Penerbit Alfabeta.

Sukatamsi. 2001. Permainan Bola Besar 1 Sepak Bola. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suharno,H.P. 1998.Ilmu Kepelatihan Olahraga. Yogyakarta: Yayasan Sekolahtinggi Olahraga.

Published
2023-12-26
How to Cite
Iqballudin, M., Mahardhika, D., & Hidayat, A. (2023). The Influence Of Circuit Training On The Accuracy Of Shooting Of MA Nihayatul Amal Rawamerta’s Excracuricular Football Students. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(25), 502-508. https://doi.org/10.5281/zenodo.10432217

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>