Inovasi Pelayanan Kartu Identitas Anak melalui Website Sobat Dukcapil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang

  • Annemarie Fatimah Fauziyah Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Agus Suherman Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Fitria Firdiyani Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang dan untuk mengetahui bagaimana proses pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) melalui website sobat dukcapil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif. Adapun sumber data dari penelitian ini yaitu Sumber data primer dan Sumber data sekunder. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode yang digunakan pada pendekatan kualitatif dimana peneliti sendiri sebagai instrumen dalam penelitian dengan menggunakan Studi Pustaka (Literature Study), Studi Lapangan (Field Study), dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, Reduksi data, Display data atau penyajian data, dan Verifikasi atau penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik atau cara dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan Pelayanan kartu identitas anak (KIA) sebelum adanya sobat dukcapil ini dilakukan secara offline, yaitu dengan datang ke kator Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dengan membawa syarat berkas. Kepala dinas akan menandatangani dan menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA), dan Kartu Identitas Anak (KIA) diberikan kepada orang tua di kantor dinas atau kecamatan atau desa/kelurahan. Dan pada pelaksanaan inovasi pelayanan kartu identitas anak melalui website sobat dukcapil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang sudah sesuai dengan indikator keuntungan relatif (relative advantage), kesesuaian (compatibility), kemungkinan dicoba (trialability), dan kemudahan diamati (observability), sedangkan pada indikator kerumitan (complexity) masih belum dikatakan maksimal sehingga perlu adanya peningkatan dan perbaikan pada website sobat dukcapil agar memberikan pelayanan yang optimal.

References

A. Y. Lubis, Filsafat Ilmu: Klasik hingga Kontemporer. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014), hlm. 165.

Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Persepektif Rancangan Penelitian, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,2014),hlm.23.

Cahyaningrum, A., & Nugroho, R. A. (2019). Inovasi Pelayanan melalui Aplikasi “Dukcapil Dalam Genggaman” oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(2), 103-115.

Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, (Jakarta : PT Raja Grafindo Perseda,2011), h. 34.

Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Ananlisis Data, cet.2 (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011), h. 2.

Feni, M. (2021). Mengungkap Dampak COVID-19 pada UMKM Sektor Kuliner (Studi Kasus: UMKM Kuliner di Wilayah Rawamangun) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Hutagalung, S. S., Hermawan, D., & Mulyana, N. (2020). Website Desa sebagai Media Inovasi Desa di Desa Bernung Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Jurnal Pengabdian pada masyarakat, 5(2), 299-308.

Iman Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik Ed.1 Cet.4, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016), hlm.80

Lexy J. Meleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007), h.4.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Ramaja Rosda Karya,2005), hlm. 4.

Melinda, M., & Kabullah, M. I. (2020). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (PADUKO) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(2), 202-216.

Mertisanfara, Y. (2022). Inovasi Pelayanan di Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Lampung (Studi pada Atribut Inovasi Pelayanan Keagamaan Online) (Doctoral Dissertation, Universitas Lampung).

Muhaeni, T. A (2022). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan melalui Aplikasi Sarana Online Bantu Administrasi Tuntas (Sobat Dukcapil) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang (Doctoral Dissertation, Universitas Nasional)

Noeng Muhadjir, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta : Rakesarasin, 1996), h. 2.

Soraya, T., & Astuti, P. (2019). Inovasi pelayanan administrasi kependudukan secara online di kabupaten pati. Journal of Politic and Government Studies, 8(04), 61-70.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Cet. IV; Jakarta: PT Rineka Cipta, 1998), h. 114

Sumadi Suryabrata, Metode Penelitian (Jakarta: Rajawali, 1987), h. 93.

Tasyah, A., Lestari, P. A., Syofira, A., Rahmayani, C. A., Cahyani, R. D., & Tresiana, N. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital (E-Government) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 212-224.

Thontowi, J. (2012). Paradigma Profetik dalam Pengajaran dan Penelitian Ilmu Hukum. Unisia, (76), 86-99.

Tiyas, A. A. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Pada Sistem Pembayaran Bank Indonesia Banten. Prosiding Nasional FISIP Universitas Islam Syekh-Yusuf, 1(1), 21-30.

Witri, M. G. (2022). Digitalisasi Pelayanan: Adopsi Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Dan Catatan Sipil Berbasis Website. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 1811-1826.

Sumber – Sumber Hukum

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

PERMENDAGRI Nomor 7 Tahun 2019

Peraturan Walikota Tangerang Nomor 69 Tahun 2016 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013

Published
2024-01-09
How to Cite
Fauziyah, A., Suherman, A., & Firdiyani, F. (2024). Inovasi Pelayanan Kartu Identitas Anak melalui Website Sobat Dukcapil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(2), 160-173. https://doi.org/10.5281/zenodo.10473501

Most read articles by the same author(s)