IMPLEMENTASI LIMITASI JARINGAN INTERNET DI KANTOR DESA KARANGMULYA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE QUEUE

  • Riswan Darmawan Mr.Jhoni

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui quality of service jaringan Internet di Kantor desa Karangmulya. QoS (Quality of Service) adalah kemampuan dalam menyediakan peformasi dari jaringan komputer dalam penyediaan layanan kepada aplikasi-aplikasi di dalam jaringan komputer tersebut sehingga menentukan tingkat kepuasan dari pengguna yang menggunakan jaringan tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mengacu pada metode penelitian menurut Polit D.F dan Hungler B.P. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan monitoring jaringan WIFI pada access point yang ditetapkan sebagai sampel pada kantor desa Karangmulya menggunakan software Speedtest By Ookla. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan monitoring.
Dari hasil penelitian yang dilaksanakan, dapat disimpulkan quality of sevice jaringan Internet di kantor desa karangmulya termasuk dalam kategori Memuaskan menurut TIPHON.
Kata Kunci : Speedtest, Jaringan Internet, Limitasi Jaringan, Quality of Service (QoS).

 

References

Yuliandoko, H. 2018. Jaringan Komputer Dan Wireless Beserta Penerapannya. CV Budi Utama. Yogyakarta

Riadi, Imam. (2018) Optimalisasi Keamanan Jaringan Menggunakan Pemfilteran

Aplikasi Berbasis Mikrotik, Yogyakarta.

Syafrizal, Melwin. 2005, Pengantar Jaringan Komputer,

Yogyakarta : C.V ANDI.

Wulandari, Rika. (2016). Analisis QoS (Quality of Service) Pada Jaringan Internet (Studi Kasus : UPT Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon – LIPI). Sukabumi : Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Lubis, Rahmat Saleh dan Maksum Pinem. (2014). Analisis Quality Of Service (QOS) Jaringan Internet di SMK Telkom Medan. Universitas Sumatera Utara

TIPHON. 1999. Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Network (TIPHON) General aspect of Qoality of Service (Qos). DTR/TIPHON-05006 (cb001cs.pdf)

Published
2024-01-20
How to Cite
Darmawan, R. (2024). IMPLEMENTASI LIMITASI JARINGAN INTERNET DI KANTOR DESA KARANGMULYA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE QUEUE. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(4), 928-940. https://doi.org/10.5281/zenodo.10539072