Pemerolehan Morfologi Pada Anak Usia 6 Tahun (Kajian Psikolinguistik)

  • Auliyanti Savira Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Maulia Dwi Astuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Novita Febrianti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Wilda Maulida Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Language Acquisition, Morphology, Children

Abstract

Adanya penelitian ini, berguna untuk mendeskripsikan pemerolehan morfologi pada anak berusia 6 tahun. Masalah pada penelitian ini yaitu, bagaimana perubahan pemerolehan morfologi pada anak berusia 6 tahun, yang dilihat berdasarkan tatanan kata dan turunan kata. Metode penelitian ini yaitu, metode deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan adalah Vicky Nur Ahmad berusia 6 tahun. Penelitian ini menggunakan data berupa bentuk kata yang dilafalkan oleh Vicky. Teknik pengumpulan data yang digunakan terhadap penelitian ini yaitu, sadap, simak libat cakap, rekan, dan catat. Hasil dari penelitian ini yaitu, (1) berdasarkan kosakata dan pelafalan kata pada anak berusia 6 tahun, maka pemerolehan bahasanya sudah baik. Terlihat berdasarkan banyaknya kosakata yang dimiliki oleh anak; dan (2) berdasarkan afiksasi dan reduplikasi, maka secara keseluruhan anak berusia 6 tahun sudah baik dalam melakukan percakapan. Walaupun, masih ditemukan sebagian kesalahan dalam pelafalannya.

References

A, Kholid, dan Andika Dutha Bachari. (2009). Dasar-dasar Psikolinguistik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Press.

Ramlan. (2009). Morfologi Suatu Tujuan Deskriptif. Yogyakarta: Cv. Karyono.

Chaer, Abdul. (2015). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosidin, Odien. (2019). Percikan Linguistik Pengantar Memahami ilmu Bahasa. Serang: Untirta Press.

Damayanti, Riri dan Savitri Suryandari. (2017). Psikolinguistik: Tinjauan Bahasa Alay dan Cyberbullying.Jawa Timur: Kresna Bina Insan Prima.

Suryadiman, N., & Anita, F. (2021). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 Tahun (Studi Kajian Morfologi) di Paud Sahira Kota Pekanbaru Provinsi Riau. GERAM, 9(1), 56-64.

Saputri, R. (2018). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. JURNALISTRENDI: JURNAL LINGUISTIK, SASTRA, DAN PENDIDIKAN, 3(1), 210-214.

Rahardi, R. K. (2020). REDUPLIKASI ADVERBIA SEBAGAI PROSEDE MORFOLOGIS PALING DOMINAN DALAM BAHASA INDONESIA: PERSPEKTIF PRAGMATIK SISTEMIK. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 190-207.

Wulandari, D. I. (2018). Pemerolehan bahasa Indonesia anak usia 3-5 tahun di PAUD Lestari desa Blimbing kecamatan Paciran kabupaten Lamongan. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1).

Published
2024-01-14
How to Cite
Savira, A., Astuti, M., Febrianti, N., & Maulida, W. (2024). Pemerolehan Morfologi Pada Anak Usia 6 Tahun (Kajian Psikolinguistik). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(4), 146-158. https://doi.org/10.5281/zenodo.10501281