Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Outdoor Learning Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Karawang

  • Firda Silvia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Een Nurhasanah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Slamet Triyadi Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilatar belakangi oleh munculnya permasalahan dalam pembelajaran keterampilan menulis khususnya keterampilan menulis puisi. Oleh karena itu, peneliti merumuskan masalah mengenai pengaruh penggunaan metode pembelajaran oudoor learning dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Karawang. Sampel yang digumakan merupakan kelas X TKJ 1 dan kelas X TM 2, masing-masing kelas memiliki siswa dengan jumlah 34 siswa. Kelas X TM 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data berdasarkan tes tulis yaitu, tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Berdasarkan hasil penelitian kelas kontrol yang memperoleh nilai pretest sebesar 43,38 dan tes akhir (posttest) memperoleh nilai rata-rata sebesar 57,35 dengan peningkatan sebesar 13,97. Sedangkan kelas eksperimen yang memperoleh nilai pretest sebesar 43,57 tes akhir (posttest) memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,3. Dengan peningkatan sebesar 34,75. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji-t) pada posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan hasil signifikansi (sig. 2 tailed) sebesar 0,000, yang berarti H0 ditolak dan terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran outdoor learning. Dengan memperoleh nilai rata-rata N-Gain Score sebesar 59,39%  penggunaan metode pembelajaran outdoor learning dikategorikan sebagai metode yang cukup efektif dalam pembelajaran menulis puisi siswa.

References

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Alfabeta.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Iqbal, M.N. (2022). Penggunaan Lirik Lagu “Bertaut” Karya Nadin Amizah dalam Keterampilan Menulis Puisi Bertemakan Ibu pada Siswa SMA Negeri 1 Ciseeng Bogor Tahun Pelajaran 2021/2022. (Skripsi Sarjana, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Kasupardi, Endang., Supriatna. (2010). Pengembangan Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Multi Kreasi Satudelapan.

Nurgiyantoro, Burhan. Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: PT Alfabeta.

Tarigan, H.G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Wazdy, M.F. (2021). Penerapan Media Youtube Akun Catatan Khoirul Triann dalam Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMA Waskito Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021. (Skripsi Sarjana, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Widiasworo, Erwin. (2016). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Published
2024-01-11
How to Cite
Silvia, F., Nurhasanah, E., & Triyadi, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Outdoor Learning Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(2), 362-383. https://doi.org/10.5281/zenodo.10486733

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>