Analisis Tindak Tutur Asertif Pada Caption Akun Instagram "@Msglowbeauty dan @Scarlett_Whitening" Serta Pemanfaatannya Dalam Bentuk Media Poster Digital Pada Pembelajaran Teks Iklan di SMP Kelas VIII

  • Dewi Nurkomalasari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Cut Nuraini Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutri Sutri Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Instagram merupakan media sosial yang banyak diminati dan sering dikunjungi baik itu dari kalangan muda sampai tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi tindak tutur asertif pada caption akun Instagram @msglowbeauty dan @scarlett_whitening serta pemanfaatannya dalam bentuk media poster digital pada pembelajaran teks iklan di SMP kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak, yaitu menyimak serta memilah caption yang akan digunakan untuk diteliti dalam akun Instagram @msglowbeauty dan @scarlett_whitening. Selanjutnya teknik catat yaitu mencatat data tuturan yang ditemukan dalam caption. Instrumen dalam penelitian yaitu peneliti sendiri, serta menggunakan tabel instrumen penelitian tindak tutur asertif. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah keseluruhan terdapat 58 caption yang digunakan, serta ditemukan tuturan sebanyak 166 data dengan fungsi tindak tutur asertif memberitahu, menyatakan, melaporkan, menyarankan, menuntut, membanggakan, dan mengeluh.

References

Muhlisoh, Lilis. 2021. “Analisis Tindak Tutur Ilokusi Asertfi-Direktif Iklan Layanan Masyarakat Pada Masa Pandemic Covid-19 Di Youtube Serta Pemanfaatannya sebagai Media Ajar Materi Iklan, Slogan, dan Poster untuk Siswa SMP”. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Rahmayani. 2021. “Analisis Tindak Tutur Ilokusi Pada Caption Instagram Tokopedia Edisi “Waktu Indonesia Belanja” serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Teks Persuasi di Sekolah Menengah Pertama”. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia . Universitas Singaperbangsa Karawang.

Putri, Farahiya Mardika. 2020. “Analisis Fungsi Tindak Tutur dan Implikatur Pada

Meme dalam Memecomicindonesia, Majelislucu.Id, dan Mrcl.Id Serta Pemanfaatannya Sebagai Materi Ajar Teks Anekdot Siswa SMA Kelas X”. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media

Press.

Anggito, Albi., & Johan Setiawan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Jamilah. 2021. Metode Penelitian Bagi Mahasiswa. Yogyakarta: Bintang Semesta

Media.

Pratama, Yodi., dkk. 2023. Prinsip Dasar Manajemen (Analisis dan Startegi Di Era

Digital). Purbalingga: CV Eureka Media Aksara.

Published
2024-05-03
How to Cite
Nurkomalasari, D., Nuraini, C., & Sutri, S. (2024). Analisis Tindak Tutur Asertif Pada Caption Akun Instagram "@Msglowbeauty dan @Scarlett_Whitening" Serta Pemanfaatannya Dalam Bentuk Media Poster Digital Pada Pembelajaran Teks Iklan di SMP Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(8), 378-386. https://doi.org/10.5281/zenodo.11107111

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>