Penerapan Bahasa Indonesia Pada Ruang Publik : Gion Market, Marvell City Mall, Dan Grand City Mall

  • Hanafi Moeslim Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Hilal Alfi Firdaus Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Royyan Surya Arlanda Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Dian Ayuning Puspa Dewi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Afiqah Tarishah Amrullah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Abstract

Jurnal ini mengkaji mengenai fenomena penggunaaan bahasa Indonesia di ruang publik Gion Market, Marvell City Mall dan Grand City Mall. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi kualitatif. Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dan bahasa persatuan, memiliki peran penting dalam mempertahankan identitas nasional. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi pergeseran dalam penggunaan bahasa di tempat-tempat umum, di mana penggunaan bahasa asing semakin mendominasi, terutama di Mall maupun pusat kuliner. Berdasarkan hal tersebut, jurnal ini bertujuan memahami dan menganalisis fenomena penggunaan Bahasa Indonesia di tempat umum serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa asing di ruang publik masih mendominasi terutama pada Grand City Mall. Namun dari ketiga tempat objek penelitian, Marvell City Mall penggunaan bahasa indonesianya mendominasi dan untuk Gion Market sebagai pusat kuliner penggunaan bahasa asing dan bahasa indonesianya seimbang.

References

Adnan, F. (2018). Penggunaan Bahasa Indonesia pada Media Ruang Publik di Kota Pekanbaru. Suar Betang, 13(2), 131-144.

Muqri, M., Sugono, D., & Khairah, M. (2016). Penggunaan bahasa pada papan nama di ruang publik jalan protokol Jakarta. Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 57-64.

Dasuki, S. (2015). Pemakaian bahasa Indonesia dalam ruang publik di Kota Surakarta.

Published
2023-08-02
How to Cite
Moeslim, H., Firdaus, H., Arlanda, R., Dewi, D., & Amrullah, A. (2023). Penerapan Bahasa Indonesia Pada Ruang Publik : Gion Market, Marvell City Mall, Dan Grand City Mall. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(15), 170-174. https://doi.org/10.5281/zenodo.8207070