GAMBARAN PENERIMAAN DIRI REMAJA HAMIL DILUAR NIKAH DAN MENIKAH SECARA KAWING PURA

  • Nur Nilam Sari Universitas Negeri Makassar
  • Asniar Khumas Universitas Negeri Makassar
  • Novita Maulidya Jalal Universitas Negeri Makasar
Keywords: remaja, penerimaan diri, hamil diluar nikah, kawing pura

Abstract

Nur Nilam Sari, Asniar Khumas, & Novita Maulidya Djalal (2022). Gambaran penerimaan diri remaja hamil diluar nikah dan menikah secara kawing pura. Skripsi. Makassar. Jurusan psikologi, Faklutas Psikologi, Universitas Neegri Makassar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kawing pura yang dialamiĀ  remaja hamil diluar nikah, faktor yang mempengaruhi penerimaan diri remaja hamil diluar nikah dan menikah secara kawing pura dan gambaran penerimaan diri remaja hamil diluar nikah dan menikah secara kawing pura. Karakteristik dari subjek dalam penelitian ini adalah remaja yang hamil diluar nikah dan mengalami kawing pura. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode wawancara kepada remaja selaku data primer dan ayah, tante serta penghulu sebagai data sekunder. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kawing pura terjadi karena adanya kehamilan diluar nikah tapi dari pihak laki-laki tidak ingin bertanggung jawab akhirnya terjadi pernikahan hanya sampai akad atau ijab kabul. Faktor yang mempengaruhi penerimaan diri remaja hamil diluar nikah dan mengalami kawing pura yaitu bersumber dari diri dan lingkungan. Adapun proses penerimaan diri yang pertama yaitu penolakan dengan tidak peduli, menghindari dengan tidak menghubungi dan mendatangi mantan suami (laki-laki yang menghamili). Kedua, memiliki rasa keingintahuan dengan mencari tau tentang janinnya, kondisi tubuh dengan bercerita kepada orang lain. Ketiga, pada responden satu muncul rasa toleransi dengan berusaha pasrah, menerima takdir dan menguatkan diri yang sedang mengandung sedangkan responden kedua belum bisa bertoleransi dengan dirinya. Tahap keempat, mengijinkan denganĀ  beranggapan bahwa hal yang terjadi adalah konsekuensi dari perbuatannya. Tahap kelima, persahabatan dengan kedua responden bisa menerima kondisinya sebagai seorang ibu akhirnya kedua responden menerima kondisinya dan bersyukur dengan masalah yang pernah dilaluinya serta bisa memiliki anak.

Published
2024-02-12
How to Cite
Sari, N., Khumas, A., & Jalal, N. (2024). GAMBARAN PENERIMAAN DIRI REMAJA HAMIL DILUAR NIKAH DAN MENIKAH SECARA KAWING PURA. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(3), 580-602. https://doi.org/10.5281/zenodo.10642624