Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja karyawan PT. Totum Diba Cirebon

  • Dwi Rendra Agung Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Novian Ekawaty Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

DWI RENDRA AGUNG, 2023 “Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja karyawan PT. Totum Diba Cirebon”. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang.

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja terhadap kinerja karyawan PT. Totum Diba Cirebon. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan deskriptif verifikatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh melalui kuisioner. Populasi penelitian ini adalah karawan tetap PT. Totum Diba Cirebon di tahun 2022 sampai 2023. Penelitian ini menggunakan taraf signifikasi 5% pada perhitungan sampel berjumlah 116 orang yang ditentukan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Penelitian ini menggunakan path analysis untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari kompetensi dan Disiplin Kerja terhadap kinerja karyawan .

Hasil analisis korelasi antara kompetensi dan kinerja karyawan mendapatkan nilai 0,770, artinya keduanya memiliki korelasi kuat dengan hubungan positif dan searah sebesar 77%. Hasil uji secara parsial kompetensi dan kinerja karyawan koefisien jalur sebesar 23.5% dan hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 0.128, hal ini menunjukkan bahwa displin kerja memiliki pengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan sebesar 12.8%. Sedangkan variabel promosi memiliki nilai koefisien jalur sebesar 40.4% dan hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 0.236%. hal ini menunjukkan bahwa displin kerja memiliki pengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan sebesar 23.6% sedangkan sisanya 76.4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil dari uji hipotesis pengaruh kompetensi dan displin kerja terhadap kinerja karyawan secara simultan berpengaruh sebesar 0,364 atau 36.4% sedangkan pengaruh dari variabel lain diluar model adalah sebesar 0,636 atau 63.6 %.

Diterbitkan
2024-02-12