Analisis dan Pengembangan Sistem Manajemen Sekuriti pada PT. Denso Manufacturing Indonesia

  • Shabina Dea Nova Universitas Bhayangkara
  • Edy Soesanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Hendrick Moses Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Renny Ramadan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Keywords: manajemen sekuriti, kecelakaan kerja, kesehatan dan keselamatan kerja (k

Abstract

Manajemen Sekuriti (Manajemen Keamanan) adalah langkah-langkah yang perlu diselenggarakan dalam membuat upaya keamanan dan pencegahan kerugian agar tidak terjadi gangguan yang dapat menimbulkan kerugian, dengan dasar efektif dan efisien. Manajemen sekuriti juga didasarkan dengan pengolahan data yang kemudian dianalisa pada suatu kejahatan yang sudah dan mungkin terjadi dalam suatu wilayah atau instansi yang ada. Kecelakaan yang terjadi berhubungan dengan hubungan kerja termasuk penyakit yang timbul karena hubungan kerja, demikian pula kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan berangkat dari rumah menuju tempat kerja dan pulang ke rumah melalui jalan yang biasa atau yang wajar dilalui. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan salah satu upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat mengurangi dan atau bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan ini di ditandai dengan pencarian informasi secara luas dari bebarapa sumber yang dianggap mempunyai peranan yang cukup besar dibidang keamanan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sistem manajemen sekuiriti di PT. Denso Manufacturing Indonesia dan untuk mengetahui pengembangan yang dilakukan dalam meningkatkan Keselamatan Kerja pada PT. Denso Manufacturing Indonesia.

 

References

Darmayanti, J., Hadi, R. M. El, & Aurachman, R. (2018). PERANCANGAN INDIKATOR KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD ( STUDI KASUS : PT . DENSO INDONESIA ) THE DESIGN OF COMPANY PERFORMANCE INDICATOR WITH BALANCED SCORECARD METHOD ( CASE STUDY : PT . DENSO INDONESIA ). 5(1), 1253–1261.

M.H, O. I. S. ., & Dr. Hj. Silvia Nurlaila S.Pd,. S.E, M. . (2021). BAHAN AJAR MATA KULIAH MANAJEMEN SEKURITI.

Nurfita, W. E. (2010). GAMBARAN KECELAKAAN KERJA, PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGANNYA DI PT. DENSO INDONESIA SUNTER PLANT. 1–92.

Penelitian, A. H. (2000). HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. 1–48.

Rini, A. I. (2010). LAPORAN KHUSUS IMPLEMENTASI PATROL SHE DAN 5M DENGAN METODE STOP SIX UNTUK MENCEGAH KECELAKAAN KERJA DI PT . DENSO INDONESIA SUNTER PLANT. 1–63.

Sari, Y. D. A. P. (2009). PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT. DENSO INDONESIA SUNTER PLANT TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA. 1–118.

Shindi Nawangsari Putri. (n.d.). Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT. Denso Indonesia Sunter Plant, Tanjung Priok Jakarta Utara. 1–114.

Syahputra, R. (2015). PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT. DENSO INDONESIA SUNTER PLANT TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA. http://rizkisyahputra.blogspot.com/2015/05/penerapan-keselamatan-dan-kesehatan.html

Published
2023-07-15
How to Cite
Nova, S., Soesanto, E., Moses, H., & Ramadan, R. (2023). Analisis dan Pengembangan Sistem Manajemen Sekuriti pada PT. Denso Manufacturing Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(13), 225-236. https://doi.org/10.5281/zenodo.8149407