Peran Kepala Desa Dalam Pembangunan Desa Di Desa Cikalong Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang

  • Nuur Huda Pitriyana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Evi Priyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: village, Development, Role

Abstrak

Penelitian ini biasanya bertujuan untuk menemukan gambaran realistis tentang peran pemerintah desa dalam pembangunan. Peran merupakan indikasi pertama berhasil tidaknya  kepala desa dan perangkat desa dalam menjalankan tugasnya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah pada peran pemimpin desa dalam pembangunan, dengan menekankan pada teori Menurut Henry Mintzberg, (1992), peran pemimpin adalah: 1. Peran hubungan interpersonal relationship, dalam hal ini fungsinya adalah kepemimpinan panutan, pembangun tim, pelatih, direktur, konsultan. 2. Fungsi Peran informal sebagai pengamat, penyebar  dan juru bicara. 3. Peran pengambil keputusan, fungsi bisnis, manajemen interupsi, pengalokasi sumber daya dan negosiator. Kepala desa harus kembali memaksimalkan  langkahnya dalam mengambil keputusan dan mengontrol penggunaan dana yang  digunakan, sehingga tahu persis untuk apa  dana tersebut digunakan.

Referensi

Okta Hendrik, O. (2017). Peran Kepala Desa Dalam Penyelenggaraan Pembangunan Desa Tanjung Keranjang Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau. JURNAL UNIVERSITAS MULAWARMAN, 1(2), 459-469.

Pangkey, D. K. (2016). Peran Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Di Desa Tateli Satu Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa. Politico: Jurnal Ilmu Politik, 3(1), 161096.

Sari, W. M. (2020). Peran Kepala Desa dalam Pembangunan Desa.

Ngusmanto. 2015. Pemikiran & Praktik Administrasi Pembangunan. Jakarta: Mitra wacana media.

Adisasmita, Rahardjo. 2006. Pembangunan Pedesaan dan Perkotaan. Graha Ilmu. Yogyakarta

Roza, D., & Arliman, L. (2017). Peran Badan Permusyawaratan Desa di Dalam Pembangunan Desa dan Pengawasan Keuangan Desa. Padjadjaran Journal of Law, 4(3), 606-624.

Mahayana, W. (2013). Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa Di Desa Bumi Rapak Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur. Jurnl Ilmu Pemerintahan, 1.

Diterbitkan
2022-08-15

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2 3 > >>