Pengaruh Kode Etik Terhadap Profesionalisme Kinerja Staf Kependidikan Dalam Pelayanan Di Sekolah

  • Muhammad Azrial Chaeriansyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dampak penerapan etika profesi terhadap profesionalisme Akuntan dengan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual sebagai variabel moderasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik sampling evaluasi, dimana jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 35 sampel. Metode  Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, yaitu. H. distribusi Kuesioner Auditor Kantor Pemeriksa Keuangan Kota Malang. teknik analitis Pada penelitian ini data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi bertahap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan etika profesi berpengaruh positif dengan keahlian akuntan publik. Padahal kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional tidak namun demikian, memitigasi pengaruh penerapan etika profesi terhadap profesionalisme auditor Kecerdasan mental memoderasi pengaruh penerapan etika profesi terhadap profesionalisme akuntan.

Kunci Kata : Kode Etik Guru, Profesionalisme, Pendidik, Reaktualisasi

References

Dwiyama, Fajri. 2018. Unsur Manajemen Dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Syamsuriadi, Syamsuriadi. 2019. Self Management Concept Dalam Kepemimpinan Lembaga Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Published
2023-03-30
How to Cite
Chaeriansyah, M., & Darmiyanti, A. (2023). Pengaruh Kode Etik Terhadap Profesionalisme Kinerja Staf Kependidikan Dalam Pelayanan Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 333-338. https://doi.org/10.5281/zenodo.7783630