“Optimalisasi PT. Jatim Prasarana Utama Dalam Melaksanakan Proyek Sebagai Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang Konstruksi”

  • Achmad Fahrizal AP Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Diana Hertati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Konstruksi, Sipil, Bangunan.

Abstract

Bidang Konstruksi merupakan bidang metode konstruksi dalam bentuk bangunan dan struktur sipil, spesialisasi tersedia dalam desain dan konstruksi-konstruksi lainnya. Perusahaan konstruksi adalah usaha yang membangun gedung, prasarana, sarana dan prasarana fisik untuk kepentingan masyarakat sesuai dengan peraturan, rencana dan undang-undang yang ada. Dalam arsitektur atau teknik sipil, struktur disebut juga bangunan atau unit infrastruktur dalam satu bidang atau lebih. Singkatnya, 5angunan didefinisikan sebagai objek dari keseluruhan bangunan yang terdiri dari bagian-bagian struktural. Sebagai contoh komposisi suatu struktur bangunan adalah keseluruhan bentuk atau susunan suatu struktur bangunan. Contoh lain termasuk pembangunan jalan, pembangunan jembatan, dan pembangunan kapal. Berikut adalah beberapa jenis konfigurasi yang harus di ketahui. Secara garis besar, terdapat empat tahapan proyek konstruksi. Dimulai dari tahap perencanaan atau planning, tahap perancangan atau design, tahap pengadaan atau pelelangan dan tahap pelaksanaan atau construction. Struktur disebut juga bangunan atau unit infrastruktur dalam satu atau lebih area. Singkatnya, bangunan didefinisikan sebagai objek dari keseluruhan bangunan yang terdiri dari bagian-bagian struktural. Sebagai contoh komposisi suatu struktur bangunan adalah bentuk keseluruhan dari suatu struktur bangunan. Contoh lain termasuk pembangunan jalan, pembangunan jembatan, dan pembangunan kapal. Walaupun kegiatan konstruksi dikenal sebagai satu pekerjaan, tetapi dalam kenyataannya konstruksi merupakan satuan kegiatan yang terdiri dari beberapa pekerjaan lain yang berbeda.

References

Zuhairan Yummi. Analisis Sektor Unggulan Kota Bandar Lampung (Sebuah

Pendekatan Sektor Pembentuk PDRB). Jakarta: UINSH.

Rani, Hafnidar A. (2016). Manajemen Proyek Konstruksi (PDF). Sleman:

Deepublish.

Mora, Li. (2011), Penerapan Manajemen Proyek di Bidang Konstruksi,

Erlangga,. Jakarta.

Anggoro, S. H. S. 2016.Optimasi Waktu dan Biaya dengan Metode Time

Cost Trade Off pada Proyek Pembangunan Gedung Samsat Kulon Progo. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Published
2023-11-05
How to Cite
AP, A., & Hertati, D. (2023). “Optimalisasi PT. Jatim Prasarana Utama Dalam Melaksanakan Proyek Sebagai Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang Konstruksi”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 39-45. https://doi.org/10.5281/zenodo.10072319