Analisis Usaha Cilok Bogarasa Insan Cita Dalam Perspektif Komunikasi Sosial dan Pembangunan

  • Rafi Muhammad Raihan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Ramdhani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ema Ema Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini memiliki esensi untuk menganalisis bagaimana mengembangkan usaha Cilok Bogarasa Insan Cita. Dengan menggunakan metode penelitian SWOT untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) serta analisis dalam perspektif komunikasi sosial dan pembangunan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara langsung dengan pemilik usaha Cilok Bogarasa Insan Cita. Yang nantinya akan memberikan solusi terkait kelemahan dari usaha makanan ini serta menggunakan Matriks SWOT untuk menciptakan strategi perdagangan. Dan juga penelitian ini menghasilkan model strategi pemasaran produk, yaitu melalui gaya dan rancangan produk, dan pelayanan penunjang produk.

References

Aeni, A. N. (2015). Menjadi guru SD yang memiliki kompetensi personal-religius melalui program one day one juz (ODOJ). Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 212-223.

Questibrilia, B. (2019). Pentingnya Strategi Efektif Untuk Membangun Persaingan Bisnis. Retrieved from https://jojonomic.com/blog/persaingan-bisnis/.

Zuhri, S. (2013). Analisis Pengembangan Usaha Kecil Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publication/111956-ID-none.pd

Ciputrauceo. (2016). Metode Pengumpulan Data Dalam Penelitian.Retrieved from https://ciputrauceo.net/blog/2016/2/18/metode-pengumpulan-data-dalam-penelitian.

Kotler, Philip & Keller, K.L. (2006). Marketing Management. 12th Edition, International Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Rachmawati, R. (2011). Peranan bauran pemasaran (Marketing mix) terhadap (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal Kompetensi Teknik,2(2).

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung, ID: PT. Remaja Rosdakarya.

Setiawan, P. (2020). Strategi Analisis SWOT – Pengertian, Matriks, Jenis, Komponen, Contoh. https://www.gurupendidikan.co.id/strategi-analisis-swot/.

Published
2022-08-15
How to Cite
Raihan, R., Ramdhani, M., & Ema, E. (2022). Analisis Usaha Cilok Bogarasa Insan Cita Dalam Perspektif Komunikasi Sosial dan Pembangunan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(14), 270-277. https://doi.org/10.5281/zenodo.6991877

Most read articles by the same author(s)