PERANCANGAN DESIGN UI/UX APLIKASI PEMESANAN CAFE BERBASIS ANDROID DENGAN METODE DESIGN THINKING ( STUDI KASUS : CAFE EGG & BUTTER )
Abstract
Aplikasi android berkembang sangat cepat dan dapat menjadi media alternatif untuk menyampaikan informasi. Banyak industri yang mulai memanfaatkan perkembangan teknologi dan memasuki fase dimana segala sesuatu dituntut serba mudah dan praktis. Dengan adanya media internet dan aplikasi mobile Android dalam menyajikan berbagai informasi dapat menghasilkan ide-ide inovatif baru dan dapat mengembangkan mitra bisnis. Aplikasi android memiliki beberapa permasalahan dalam penggunaannya yaitu pada desain user interface yang dibutuhkan oleh pengguna aplikasi android. UI (User Interface) adalah proses dimana hasilnya akan menampilkan tampilan yang akan dilihat oleh pengguna dan UX (User Experience) adalah pengalaman pengguna yang berhubungan dengan reaksi, emosi, persepsi, perilaku dan pikiran.UI/UX merupakan tahapan yang berhubungan dengan merancang aplikasi agar sesuai dengan fungsi yang dihasilkan dalam sebuah perangkat lunak. Hasil desain UI/UX diuji dan disesuaikan dengan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi yang akan dirancang. Design thinking adalah proses pendekatan desain yang diharapkan manusia untuk memecahkan masalah dan memberikan inovasi baru. Kolaborasi antar tim dapat menghasilkan terobosan ide-ide baru untuk menjadi solusi dari suatu masalah yang ada. Dengan dibuatnya desain tampilan aplikasi layanan pemesanan di Egg & Butter Cafe akan memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian berbagai macam produk di Egg & Butter Cafe.
References
Ansori, S., Hendradi, P., & Nugroho, S. (2023). Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA. Journal of Information System Research, 04, 1072-1081. doi:https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3648
Ariska, D., & Nurlela, S. (2022). Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Infortech, 04, 87-91. doi:https://doi.org/10.31294/infortech.v4i2.13234
Fariyanto, F., Suaidah, & Ulum, F. (2021). PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 02, 53-60. Diambil kembali dari https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i2.853
Febriyanto, Y., Sukmasetya, P., & Maimunah. (2023). Implementasi Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Rumah Sampah Digital Banjarejo. Journal of Information System Research, 04, 936 - 947. Diambil kembali dari https://doi.org/10.47065/josh.v4i3.3135
Hartawan, M. S. (2022). PENERAPAN USER CENTERED DESIGN (UCD) PADA WIREFRAME DESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI SINOPSIS FILM. JURNAL ELEKTRO & INFORMATIKA, 02, 43-47. Diambil kembali dari https://doi.org/10.56486/jeis.vol2no1.161
Heliawanto, C., & Melin, E. (2023). Analisis Kebutuhan Desain UI/UX untuk Restoran Makanan Sehat Grains of Glory. Journal of Graphic Design Studies, 02, 15-23. Diambil kembali dari http://dx.doi.org/10.37312/imatype.v2i1.6604
Stevens, E. (2021, 07 14). The Key Principles and Steps of the Design Thinking Process. Diambil kembali dari Career Foundry: https://careerfoundry.com/en/blog/ux-design/design-thinking-process/